Tahu Cibuntu, Rasakan Nikmatnya...

Bandung, 15 Februari 2011



Apakah anda penggemar makanan tahu? kalau ya, tentu anda tidak asing dengan tahu Cibuntu. Ehm...betul sekali, Tahu Cibuntu memiliki citra rasa khas antaralain ; tidak berbau, tidak hambar tapi juga tidak terlalu gurih. Tingkat kepadatan tahu sangat pas, tidak lembek juga tidak terlalu kenyal dan yang paling takcub ketika di goreng isi tahu tetap pas tidak berubah menjadi hampa atau lembek.
Ehm...betul sekali, tahu Cibuntu adalah produk makanan andalan Kota bandung, Jawa Barat. Dari sekian banyak produk khas makanan Kota Bandung, tahu Cibuntu selalu memiliki tempat khusus di hati para ibu-ibu dan pelanggan pada umumnya. Ya…ini sih pengalaman pribadi, Penulis setiap akan berkunjung ke rumah nenek dari ibu pasti harus bawa beberapa bungkus Tahu Cibuntu sebagai pemenuhan pesanan sanak saudara. Oleh karena itu, saya sarankan anda tidak boleh ragu untuk mencoba makanan khas yang satu ini. Ya barangkali aja anda akan berkunjung dalam waktu dekat ke Bandung.


Lokasi Cibuntu
Cibuntu kalau di artikan  kurang lebih daerah buntu atau mentok. Hal ini,  sesuai dengan daerahnya yang memiliki akses jalan sangat sedikit. Sehingga, seolah-olah daerah tersebut buntu. Namun itu dulu, sekarang jalan alternative masuk maupun keluar banyak pilihan, baik  jalan besar maupun jalan tikus.
Produksi  Tahu Cibuntu  dilakukan secara “home industry “ alias rumahan. Walau begitu tidak berarti menurunkan kwalitas produk, tetapi  justru kebalikannya. Sistem produksi yang  masih tradisonal lebih memiliki ketelitian dalam hal penggunaan takaran-takaran produksi.  Jumlah “home industry” di  daerah ini terus berkembang pesat dari tahun ke tahunnya..

Konon, salah satu penyebab terjaganya kwalitas Tahu Cibuntu adalah air yang dipakai memiliki kwalitas baik /minimum material dalam air. Tapi entah lah.. benar atau tidaknya  tak paham lah aku ni… Bersambung….





Name : jajatbandung.